Google Bard: Lebih dari Sekadar Chatbot Biasa?

Google Bard

Pasti kalian udah pada nggak asing lagi dong dengan yang namanya Google? Yup, Google itu bukan hanya mesin pencari di internet, tapi juga penyedia segudang teknologi canggih yang selalu membuat kita terkagum-kagum. Kali ini, ada satu hal baru dari Google yang bikin penasaran dan pengen banget coba. Tau nggak sih apa itu?

Ini dia, Google Bard! Kalau biasanya kita ngobrol sama teman atau keluarga, sekarang kita bisa ngobrol sama chatbot. Uniknya, chatbot ini nggak seperti chatbot biasanya loh. Dia bisa memahami, memprediksi, dan bahkan merespons apa yang kita katakan dengan akurat. Wow, nggak sabar nih mau nyobain!

{getToc} $title={Table of Contents} $count={true} $expanded={true}

Google Bard, Si Chatbot Cerdas?

Nah, jadi begini ceritanya. Sebagai penikmat teknologi, aku nggak mau ketinggalan info terbaru, kan? Nah, ada satu nama yang belakangan ini mencuri perhatianku. Nama itu adalah Google Bard, sebuah chatbot canggih yang dibuat oleh Google. Bard ini beda banget lho dengan chatbot-chatbot lainnya.

Google Bard ini dibangun berdasarkan model bahasa LaMDA, yang juga merupakan buatan Google. Nah, kerenya lagi, Bard ini bukan hanya sekadar menanggapi apa yang kita tulis, tapi juga memprediksi kata dan merespons berdasarkan teks yang kita berikan. Bisa dibayangkan nggak sih, teknologi sekeren ini sudah ada di hadapan kita?

Mulai dirilis secara terbatas pada Maret 2023, Bard ini baru bisa dijajal oleh publik pada Mei 2023. Kebayang nggak sih betapa penasarannya orang-orang, termasuk aku, saat mengetahui kehadiran chatbot canggih ini? Walaupun Bard ini masih dalam tahap pengembangan, tapi banyak orang yang sudah membandingkannya dengan ChatGPT, salah satu chatbot populer buatan OpenAI.

Sekilas, Bard ini memang mirip dengan ChatGPT, terutama dari segi formatnya yang berupa chatbot. Namun, Bard memiliki fitur-fitur yang membuatnya berbeda dan menarik untuk dicoba.

Tapi tenang saja, meski Bard ini masih dalam tahap pengembangan, Google berjanji bakal terus mengembangkan dan memperbarui Bard agar bisa memberikan pengalaman ngobrol yang lebih asik.

Cara Menggunakan Google Bard: Gampang Banget!

Gimana, penasaran mau coba Google Bard setelah dengerin cerita tadi? Kalau iya, pasti kamu bertanya-tanya gimana sih caranya? Nah, tenang saja, cara menggunakannya itu gampang banget kok! Mau tahu caranya? Langsung saja yuk kita simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, kunjungi situs Google Bard. Cukup buka browser favorit kamu, kemudian ketikkan alamat ini: https://bard.google.com/. Mudah kan?
  • Masuk ke akun Google. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Google kamu. Jika belum, kamu bisa login dulu. Ini penting lho, jadi jangan sampai lupa.
  • Mulai ngobrol dengan Bard. Setelah masuk, kamu akan disambut dengan ruang obrolan Bard. Nah, di sini kamu bisa mulai ngobrol dengan Bard. Mau tanya apa saja, Bard siap menjawab!
  • Ketikkan perintah atau pertanyaan. Nah, di sini kamu bisa mulai ketikkan perintah atau pertanyaan apa saja yang kamu mau. Bard akan membaca perintah itu dan menyajikan tanggapannya.

Gampang banget kan caranya? Dengan empat langkah mudah ini, kamu bisa mulai berinteraksi dengan Google Bard. Seru kan? Sekarang kamu bisa menikmati percakapan yang menarik dengan si chatbot canggih ini.

Google Bard: Pembaruan dan Fitur Baru

Google Bard enggak pernah berhenti berkembang, lho! Yup, sejak rilis resminya pada 10 Mei 2023, Google terus memberikan pembaruan dan fitur baru untuk Google Bard. Hasilnya? Sekarang Google Bard makin canggih dan lebih nyaman digunakan. Penasaran apa aja fitur baru dan pembaruan dari Google Bard? Yuk, langsung aja kita intip!

  • Tersedia dalam lebih banyak Bahasa dan Wilayah. Google Bard kini bisa diajak ngobrol dalam lebih dari 40 bahasa, termasuk Bahasa Arab, China, Jerman, Hindi, dan Spanyol. Ga hanya itu, aksesnya juga sudah diperluas ke 27 negara di Uni Eropa dan Brasil. Keren banget kan?
  • Google Lens di Bard. Kini, kamu bisa mengunggah gambar ke dalam percakapanmu dengan Bard. Gimana caranya? Gampang banget, tinggal pakai fitur Google Lens di Bard. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan info lebih lanjut tentang gambar tersebut, atau mendapatkan inspirasi untuk menulis teks yang lucu. Seru, kan?
  • Bard bisa membacakan respons secara lisan. Bard kini bisa bercerita, lho! Yup, dengan fitur text-to-speech, Bard bisa membacakan responsnya dalam lebih dari 40 bahasa. Gimana, makin betah ngobrol sama Bard, kan?
  • Percakapan yang Disematkan & Percakapan Terbaru. Sekarang, kamu bisa melanjutkan percakapan Bard sebelumnya dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa menyematkan percakapan, mengganti nama percakapan, dan melakukan beberapa percakapan sekaligus. Wow, makin mudah kan mengatur percakapanmu?
  • Bagikan percakapan Bard kamu. Google Bard kini semakin memudahkan kamu untuk membagikan sebagian atau semua chat Bardmu kepada orang lain. Dengan link yang bisa dibagikan, teman-temanmu bisa langsung melihat karya cemerlang yang kamu buat dengan Bard.
  • Ubah respons Bard. Kadang respons yang diberikan Bard perlu disesuaikan, dan sekarang kamu bisa melakukannya dengan mudah. Google Bard memberikan 5 opsi baru untuk membantu kamu mengubah respons Bard. Jadi, kamu bisa membuat responsnya menjadi lebih sederhana, lebih panjang, lebih pendek, lebih profesional, atau lebih kasual. Gimana, makin seru kan?
  • Ekspor kode Python ke Replit. Kamu penggemar coding? Nah, ini dia fitur yang kamu tunggu-tunggu! Bard kini bisa mengekspor kode Python ke Replit, lho. Jadi, kamu bisa menyederhanakan alur kerja dan melanjutkan tugas pemrograman dengan memindahkan interaksi Bard ke Replit.

Kesimpulan

Nah, itu dia pengalaman saya dengan Google Bard. Dengan segudang fitur baru dan pembaruan yang terus menerus diberikan, Google Bard terbukti jadi chatbot yang enggak cuma cerdas, tapi juga seru dan membantu. Mulai dari berbagai bahasa dan wilayah hingga fitur canggih seperti Google Lens di Bard, teks menjadi suara, sampai dengan fitur ekspor kode Python, Bard punya segalanya.

Makin hari, makin nyaman deh ngobrol sama Google Bard. Sekarang, percakapan jadi lebih personal dan berarti. Pokoknya, ngobrol sama Google Bard itu kayak ngobrol sama teman akrab. Seru, menyenangkan, dan penuh inspirasi.

Jadi, kamu penasaran nggak nih sama Google Bard? Saya rasa, kamu harus langsung mencobanya sendiri deh. Percaya deh, Google Bard bakal jadi teman ngobrol paling oke yang pernah kamu miliki. Sampai jumpa di percakapan selanjutnya, ya!
Lebih baru Lebih lama